Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

SD Inpres Pannampu III Ikut Karnaval Merdeka Memperebutkan Piala Bergilir Walikota Makassar.

Disponsori Harian Berita Kota Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Cuaca cerah menyelimuti langit  Kota ...

Disponsori Harian Berita Kota Makassar dan Dinas Pendidikan Kota Makassar

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Cuaca cerah menyelimuti langit  Kota Makassar. Nuansa merah-putih terasa kental mewarnai kostum para peserta karnaval yang berada di dalam dan di sekitar lapangan Kerebosi, Minggu pagi,  (18/8), Harian Berita Kota Makassar bersama Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan menyatukan sekitar 5.000 siswa dengan tujuan yang satu menyemarakkan Karnaval Merdeka.

Kegiatan yang diikuti 172 sekolah dasar dari 14 kecamatan di Kota Makassar, menunjukkan inovasi masing-masing. Aneka kostum menarik menggunakan bahan plastik juga ditampilkan dalam karnaval ini. Selain itu, ada juga yang menggunakan beragam pakaian adat nasional.

Karnaval Kemerdekaan ini semakin semarak dengan hadirnya peserta yang menggunakan pakaian berbagai profesi kerja. Seperti pakaian perawat, dokter, tentara, polisi, wartawan dan masih banyak lagi.

Yang cukup menarik, salah satu sekolah, yakni SD Inpres Cambayya menampilkan aksi teatrikal zaman penjajahan. Dan SD Inpres Pannampu III tidak mau ketinggalan. Sekolah ini menyiapkan 30 siswanya untuk berpartisipasi di 'Carnaval Merdeka'.

Meski cuaca panas-tidak menyurutkan langkah kaki siswa dan siswi SD menyusuri rute yang telah ditentukan panitia mulai start dari Jalan Jenderal Sudirman berbelok ke Jalan Kartini, kemudian ke Jalan Kajaolalido dan Jalan Ahmad Yani masuk ke dalam Lapangan Karebosi sambil melakukan yel-yel kemerdekaan. Ada tiga tim juri yang serius memastikan sekolah mana saja yang pantas juara dengan menilai kekompakan serta yel-yel mereka.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin Mustakim saat melepas peserta karnaval mengatakan, kegiatan Karnaval merdeka adalah kegiatan yang bukan pertama kalinya dilakukan.Ada beberapa kegiatan karnaval juga telah dilaksakan BKM seperti Karnaval Muharram yang turut melibatkan siswa-siswi SD. Tema Karnaval Merdeka diangkat lantaran menyambut dan merayakan HUT Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia.

“Kegiatan ini adalah kerja sama antara Harian Berita Kota Makassar dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar dan ini bukan pertama kalinya.Tetapi sudah ada beberapa tahun yang lalu dan kami sudah melakukan kerja sama di beberapa kegiatan dan tema yang diambil kali ini adalah Karnaval Merdeka. Kenapa diambil tema ini karena ini dalam rangka menyambut hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 79,” ungkap Muhyiddin.

Menurutnya, sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar ia tentu harus mewujudkan program dan visi yang telah dibuat oleh wali kota Makassar, apa lagi di dalam dunia pendidikan terdapat 18 revolusi pendidikan dan salah satunya adalah festival bakat.

“Saya selaku Kadis Pendidikan Kota Makassar tentu mengupayakan bagaimana mewujudkan visi dan program yang wali kota Makassar terapkan, seperti di pendidikan itu ada 18 revolusi pendidikan dan diantara ada revolusi festival bakat, nah di festival bakat ini tentu kita butuh kolaborasi bukan hanya dengan Berita Kota Makassar tetapi siapa pun yang membuat festival pasti kita support. Salah satunya adalah hari ini yang kita adakan, kita melihat kreativitas dan kreasi anak-anak SD luar biasa,” bebernya.

Terakhir ia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang positif karena ini adalah wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan dan mengekspresikan skil dan bakat yang dimiliki. Untuk itu, ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dan juga mendukung kelancaran kegiatan tersebut.

Laporan: Sabaruddin 

Tidak ada komentar