Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kebersamaan Babinsa Warmare Dan Masyarakat Kwau Dalam Lomba Panah Di HUT Kemerdekaan RI Ke-78

Kehadiran dan keberadaan TNI di Tanah Papua Barat sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti halnya Koramil 1801-02/Warmare bersam...



Kehadiran dan keberadaan TNI di Tanah Papua Barat sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti halnya Koramil 1801-02/Warmare bersama masyarakat memiliki cara unik dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 78, dimana mereka mengadakan lomba panah tardisional sambil berpakaian adat Suku Arfak di Kampung Kwau Distrik Warmare, Manokwari, Papua Barat, Rabu (16/08/2023)

Kegiatan Lomba Panah ini dipimpin langsung oleh Kasdim 1801/Manokwari Letkol Inf Yohanes Wada S.Sos yang didampingi Kepala Distrik Warmare Bapak Aswandi. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danramil 1801-02/Warmare Kapten Inf Prapto Widodo, Kepala Kampung Kwau Bapak Yustinus Mandacan, Para Babinsa Koramil 1801-02/Warmare dan seluruh Masyarakat Kampung Kwau.

Meski berada jauh dari Kota Manokwari, namun semangat masyarakat Suku Arfak di pedalaman dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 78 begitu antusias. Masyarakat yang hendak ikut lomba panah tradsional diwajibkan berpakaian adat yang bertujuan untuk mengangkat dan memperkenalkan potensi budaya suku arfak yang mendiami Manokwari, serta menjaga kelestarian adat mereka agar tidak punah tergeser oleh budaya modern.

Saat dikonfirmasi, Dandim 1801/Manokwari Letkol Inf Sukur Hermanto menjelaskan bahwa Lomba memanah secara tradisonal ini dilakukan, Karena Kampung Kwau merupakan lokasi Kampung Wisata, dimana sejumlah objek wisata terdapat di area tersebut diantaranya, lokasi pengamatan burung pintar, lokasi pengamatan burung cendrawsih dan tempat tumbuhnya pisang endemik yaitu pohon pisang raksasa yang mencapai ketinggian 25 hingga 35 meter, serta kondisi alam masih alami berada di lembah Pegunungan Arfak menambah kesejukan jika wisatawan berkunjung ke sana.

"Kami sangat bangga bahwa kegiatan yang sangat sederhana ini mendapat respon dan apresiasi dari masyarakat Kampung Yabanda, mereka mengaku kegiatan ini baik sekali untuk mengasah keterampilan dan memperkenalkan potensi budaya suku arfak serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 ini." Tutupnya

Tidak ada komentar