Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kodim 1022/Tanah Bumbu Membantu Pelatihan Relawan BPBD

Tanah Bumbu – Kodim 1022/Tnb membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu dalam pelatihan kepada para relawan b...



Tanah Bumbu – Kodim 1022/Tnb membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu dalam pelatihan kepada para relawan bencana bertempat di Halaman Kantor BPBD Tanbu di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Jumat (21/07/2023).

Dalam pelatihan ini Kodim 1022/Tnb yang di wakili oleh pasi ops Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Sahlan Nurdibyanto Dan Serka Darmawan membantu memberikan pelatihan jasmani dan pemberian materi.

Setelah pagi hari melakukan senam dan olahraga yang dipimpin Serka Darmawan, langsung dilanjutkan pemberian materi tentang peran TNI AD membantu pemerintah dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Dalam penyampaian nya pasi ops Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Sahlan Nurdibyanto mewakili Dandim 1022/Tnb Letkol Inf Aldin Hadi, S.H., M.Tr (Han) mengatakan, “Ada beberapa contoh peran TNI dalam penanggulangan bencana. Yang paling mendasar adalah sistem koordinasi antar sektor dalam penanggulangan bencana alam. Koordinasi yang efisien dan optimal serta menyeluruh adalah salah satu elemen terpenting dalam proses penanggulangan bencana alam. Terlebih dari itu, juga dalam proses mitigasi bencana dan edukasi.”

 “Kesiap siagaan ini menjadi sangat penting, kerena berdasarkan tinjauan letak geografis dan kondisi geologi indonesia  secara umum kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah dengan tingkat kerawanan bencna alam. Seperti bencana banjir kebakaran, badai , gelombang pasang air laut, angin puting beliung,tanah longsor”tegasnya.

sebenarnya TNI mengemban tugas nonmiliter, atau nirmiliter, yang telah diatur dalam pasal 7 Undang-Undang RI No.34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu membantu untuk menanggulangi risiko bencana alam.

Tidak ada komentar