Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kodim 0116/Nagan Raya bersama Forkopimda Nagan Raya Gelas Upacara Simulasi Gulbencal

Nagan Raya, menggelar Apel gabungan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam terintegrasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya Tahun 202...



Nagan Raya, menggelar Apel gabungan dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam terintegrasi di wilayah Kabupaten Nagan Raya Tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Desa Lami Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Kamis (13/07/2023).

Apel tersebut langsung dibuka oleh Asisten II Amran Yunus, SP. MT dan diikuti sebanyak 200 personel terdiri dari TNI – Polri, BPBD, SAR, PMI dan Pegawai Dinas terkait Pemda Aceh Selatan.

Asisten II Amran Yunus, SP. MT saat membuka latihan menyampaikan, kondisi geografi wilayah Kabupaten Aceh Selatan memiliki potensi bencana alam yang sangat beragam. Potensi bencana tersebut baik berupa gempa bumi, tsunami, maupun bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran, yang menuntut semua pihak termasuk TNI – Polri untuk selalu siap melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam.

“Oleh karena itu, latihan penanggulangan bencana alam ini dinilai sangat penting guna memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi,” ujar Amran Yunus, SP. M.

Amran Yunus, SP. M juga mengatakan, tujuan dari latihan adalah untuk memantapkan kerja sama antara TNI, Polri dan Pemda Nagan Raya serta komponen bangsa terkait lainnya, sehingga siapa berbuat apa menjadi lebih jelas, mekanisme kegiatan berjalan sesuai SOP/protap yang dihasilkan.

“Sehingga saat terjadi bencana siapa berbuat apa langsung bisa dikerjakan dan permasalahan bencana segera teratasi,” jelas Amran Yunus, SP. M.

Dalam kesempatan ini juga Asisten II Kabupaten Nagan Raya meminta penyelenggara latihan melaksanakan seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran, catat hal-hal yang menonjol sebagai bahan evaluasi dan perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiel.

Setelah melaksanakan apel, dalam kegiatan ini juga melakukan simulasi penanganan bencana alam kebakaran dan penyelamatan orang yang tenggelam di laut.

“Semua sesi latihan ini kita seumpamakan pada kejadian sebenarnya. Untuk itu kita harapkan seluruh personel yang terlibat benar-benar melaksanakan dengan baik dan cekatan, sehingga dalam kejadian sesungguhnya dapat melakukan dengan optimal,”pungkas Amran Yunus, SP. M.

Tidak ada komentar