Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Wabup Wajo Hadiri Acara Halal Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawwellangi

SUARATIPIKOR.COM,MAKASSAR -  Wakil Bupati  Wajo H. Amran, SE  menghadiri acara Halal  Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawwellangi di Makassar,...

SUARATIPIKOR.COM,MAKASSAR - Wakil Bupati  Wajo H. Amran, SE  menghadiri acara Halal  Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawwellangi di Makassar, 12 Juni 2019.
Hadir dalam acara ini diantaranya. Rumpun Keluarga Petta Pawellangi, Petta Benteng pola, Petta Ranreng Talotenreng, Petta Ranreng Tua, Petta Villa, Petta Patola, Petta Cakkuridie, Petta Arung Belawa dan Majelis Anggota Raja dan Sultan (MARS) Kabupaten Wajo dan Keluarga Besar Arung Matowa Wajo serta Tokoh Budayawan Kabupaten Wajo.

Mengawali sambutan ini, H. Amran, SE menyampaikan bahwa atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wajo merasa sangat berbahagia dan berterima kasih atas undangan Rumpun Keluarga Petta Pawellangi menghadiri kegiatan Halal bi halal yang dilaksanakan pada malam hari ini.

Kehadirannya di sini tidak lain merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Daerah maupun secara pribadi terhadap jasa-jasa yang telah diberikan oleh Almarhum Petta Pawellangi terhadap kemerdekaan Republik Indonesia maupun dalam pengabdian beliau sebagai Sulewatan Tancung pada masanya.

Selanjutnya disampaikan bahwa almarhum sebagai Sulewatan Tancung yang salah satunya beliau telah mengratiskan masyarakat untuk memanfaatkan pasar rakyat tanpa adanya retribusi sebagaimana yang berlaku pada masa itu.

Selain itu, perjuangannya juga patut  di teladani dalam melawan penjajahan di daerah Wajo dengan perlawanannya yang tidak pernah memberikan ruang kepada penjajah untuk bekerja sama ataupun berkonsiliasi dengan Pemerintahan sulewatan Tancung yang dipimpinnya.

"Marilah kita jadikan momentum Halal bi halal ini sebagai wadah untuk merekatkan kembali hubungan silaturahim di antara kita baik sesama keluarga maupun sesama  masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Wajo." Jelas H. Amran, SE.

Juga dalam kesempatan ini mengajak untuk menjadikan keteladanan para pendahulu  pada masa kerajaan di berbagai pelosok Wajo sebagai acuan dan kerangka pikir dalam berperilaku dan bertindak sebagaimana keteladanan yang diwariskan para pemimpin terdahulu, yakni Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge.  

"Istilah ini bukan hanya merupakan semboyang belaka, akan tetapi menjadi semangat kita bahwa di Kabupaten Wajo dahulu ini pernah memimpin seorang raja yang bijak, yang mengayomi rakyatnya, yang magetteng (tegas), malempu (jujur),  dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat Wajo." Ungkap H. Amran, SE.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Wajo mengaharapkan Semoga Pemerintahan Amanah yang diusung dalam rangka mewujudkan Kabupaten Wajo yang maju dan sejahtera 2019-2024 dapat menjadi pelanjut etos kerja dan kepemimpinan para Arung dan Raja sebagai pendahulu di Kabupaten Wajo. terutama, kepada seluruh rumpun Keluarga

"Petta Pawellangi dan Rumpun Keluarga Arung Matowa Wajo, serta Majelis Anggota Raja dan Sultan Kabupaten Wajo dapat memberikan dukungan penuh kepada kami dalam mengawal program –program unggulan yang kami tawarkan." Harap H. Amran, SE. (*)

Reporter : Takbir, S.Sos,M.Si,
Editor : Daci Dais.

Tidak ada komentar